Pages

Minggu, 18 November 2012

persaingan pendidikan indonesia dengan malaysia


Ilustrasi : Corbis.com.

JAKARTA - Posisi Indonesia dalam pemeringkatan pendidikan dunia berada di urutan 69. Bahkan, Indonesia kalah dibanding Malaysia.
Kondisi ini mencerminkan perkembangan pendidikan di Indonesia masih tertinggal bila dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Berdasarkan data UNESCO tahun 2011 yang berisi hasil pemantauan pendidikan dunia dari 127 negara, Education Development Index (EDI) Indonesia berada pada posisi ke-69, sementara Malaysia di peringkat ke-65 dan Brunei peringkat 34.

"Tidak meratanya pendidikan di Indonesia juga mengakibatkan kualitas masyarakat Indonesia tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Padahal pendidikan merupakan faktor utama dalam membangun karakter bangsa dan faktor untuk menggerakkan perekonomi suatu bangsa," demikian seperti dikutip dari penjelasan Gerakan Indonesia Berkibar, Selasa (23/10/2012).

Berdasarkan data Unesco seperti dikutip Okezone, pemeringkatan Indonesia di mata dunia, masuk dalam kategori kelompok negara medium. Dalam data tersebut, pembagian negara dibagi menjadi tiga kelompok, yakni high, medium, dan low.

Untuk kelompok medium, terdiri dari 36 negara, di antaranya adalah Libanon, Brasil, Kenya. Namun jika diurutkan secara dunia, posisi negara kelompok medium ini masuk dalam urutan 60-an. Berikut data lengkapnya;

1. Antigua dan Barbuda (Urutan ke-63 dunia)
2. Saint Lucia (Urutan ke-64 dunia)
3. Malaysia (Urutan ke-65 dunia)
4. Macao, China (Urutan ke-66 dunia)
5. Mauritius (Urutan ke-67 dunia)
6. Panama (Urutan ke-68 dunia)
7. Indonesia (Urutan ke-69 dunia)
8. Fiji (Urutan ke-70 dunia)
9. Kolombia (Urutan ke-71 dunia)
10. Peru (Urutan ke-72 dunia).

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About