Pages

Minggu, 02 Desember 2012

Timnas Indonesia Kalah Kela


Suporter Indonesia saat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. FOTO: AFP PHOTO / MOHD RASFAN
Suporter Indonesia saat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. FOTO: AFP PHOTO / MOHD RASFAN
Gol kemenangan bagi anak asuh Rajagopal ini diciptakan oleh Azammuddin Bin Mohd Akil menit 26 dan Mahalli Bin Jasuli menit 29.

Timnas Garuda menyerah dari Malaysia 0-2 pada pertandingan terakhir Piala AFF 2012 Grup B di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, hari ini.

Gol kemenangan bagi anak asuh Rajagopal ini diciptakan oleh Azammuddin Bin Mohd Akil menit 26 dan Mahalli Bin Jasuli menit 29. Kekalahan ini memutus asa anak asuh Nil Maizar ini lolos kesemifinal turnamen dua tahunan itu.

Timnas Garuda yang dipertandingan ini hanya membutuhkan hasil seri sebenarnya langsung berinisiatif untuk melakukan tekanan terlebih dahulu. Gempuran dimulai dari sayap kanan melalui Elie Aiboy. Tusukan pemain senior ini langsung menusuk kepertahanan lawan.

Tidak hanya dari Elie, serangan yang dimotori oleh Taufiq ini juga dilakukan dari tengah dan sayap kiri melalui Oktovianus Maniani. Bahkan Irfan Bachdim nyaris membobol gawang Mohd Farizal jika tidak terhalang pemain belakang Harimau Malaya itu.

Tekanan yang dilakukan anak asuh Nil Maizar ini tak ada hentinya meski Malaysia juga sering melakukan tekanan. Tekanan dari anak asuh Rajagobal itu ternyata terbukti lebih efektif karena mampu memecah kebuntuan pada menit 26.

Adalah Azammuddin Bin Mohd Akil aktornya. Pemain dengan nomor punggu 14 itu mampu memperdayai penjaga gawang Timnas Garuda sehingga membawa timnya unggul 1-0. Terciptanya gol ini membuat puluhan ribu suporter tuan rumah bergemuruh.

Tertinggal 0-1, Timnas Garuda mencoba bangkit. Namun, bukan gol yang didapat melainkan kembali kebobolan lewat tendangan keras pemain belakang Malaysia, Mahalli Bin Jasuli menit 29. Hasilnya Malaysia unggul sementara 2-0 atas Indonesia.

Tertinggal cukup jauh tidak menyurutkan semangat Timnas Garuda dalam memberikan tekanan. Duet Irfan Bachdim dan Samsul Arif sering merepotkan pertahanan Malaysia yang dimotori Mohamad Fadhli Bin Mohd Shas. Hanya saja hingga babak pertama usai kedudukan tetap 2-0 untuk Malaysia.

Memasuki babak kedua Tim Merah Putih kembali berinisiatif melakukan tekanan yang salah satunya lewat Andik Vermansyah. Hanya saja tendang keras pemain dengan nomor 21 satu mampu ditangkap oleh Mohd Farizal Bin Marlias.

Sulitnya menembus pertahanan Malaysia, Nil Maizar melakukan perubahan dengan memasukkan Tonnie Cusell dan Jhonny van Beukering. Masuknya dua pemain naturalisasi ini membuat semangat pemain meningkat meski terus ditekan lawan.

Belum ada perubahan hasil membuat tensi permainan meningkat. Akibatkany wasit Kovalenko Valentin mengeluarkan kartu yang salah satunya diberikan pada pemain Timnas Indonesia, Fachruddin setelah melakukan pelanggaran keras.

Nil Maizar yang terus berdiri dipinggir lapangan tak henti-hentinya memberikan instruksi pada Taufiq dan kawan-kawan. Hanya saja serangan yang dibangun selalu kandas dibarisan pertahanan Malaysia.

Menjelang babak kedua berakhir justru Malaysia yang menekan. Akibat tekanan itu membuat pemain Indonesia sering melakukan pelanggaran. Kondisi ini jelas menguntungkan anak asuh Rajagobal. Hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit Uzbekistan kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan Malaysia.

Hasil ini membuat Indonesia harus tersingkir dari Piala AFF 2012 setelah duduk di peringkat tiga Grup B.

Susunan pemain Indonesia : Wahyu Tri Nugroho (pg), Raphael Maitimo/kk, Nopendi, Fachruddin/kk, Novan Setya, Elie Aiboy (k)/Andik Vermansyah, Taufiq/kk, Vendry Mofu, Oktovianus Maniani/kk/Tonnie Cusell, Samsul Arif/Jhonny van Beukering dan Irfan Bachdim.

Malaysia : Mohd Farizal Bin Marlias (pg)/kk, Mahalli Bin Jasuli, Muhammad Zubir Bin Mohd Azmi, Mohammad Aidil Zafuan/kk, Safiq Bin Rahim (k), Norshahrul Idlan/Amar Bin Rohidan, Mohd Safee Bin Mohd Sali, Azammuddin Bin Mohd Akil/Ahmad Fakri, Mohd Shakir Bin Shaari/kk/Gary Steven, Wan Zack Haikal dan Mohamad Fadhli Bin Mohd Shas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About